Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

Mengenal Microsoft Word

 Microsoft Word : Pengertian, Fungsi, Manfaat dan Kegunaan, serta Fitur-fiturnya


Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sudah berkembang dengan sangat pesat. Dengan hadirnya teknologi yang semakin canggih dan modern, kita juga dituntut untuk dapat menguasai berbagai macam kemampuan agar tetap bisa bersaing dengan orang lain. Adapun salah satu kemampuan yang perlu dikuasai adalah kemahiran dalam menggunakan program aplikasi bernama Microsoft Office, terutama Microsoft Word.

Pengertian Microsoft Word 

Adalah suatu program aplikasi komputer yang berfungsi untuk mengolah kata (word processor). Microsoft Word merupakan salah satu bagian dari paket instalasi aplikasi bernama Microsoft Office yang dibuat dan dikeluarkan oleh Perusahaan teknologi bernama Microsoft Corporation.

Aplikasi ini berfungsi untuk membantu penggunanya dalam menyelesaikan berbagai macam pekerjaan yang berkaitan dengan pembuatan teks atau dokumen seperti surat, jurnal, makalah, lamaran pekerjaan, surat kerja, buku, brosur, kartu nama, dan sebagainya. Pekerjaan yang berkaitan dengan dokumen tersebut dapat berupa membuat, menyunting, hingga memformat suatu dokumen. Hasil dari dokumen yang dibuat dalam Microsoft Word biasanya disimpan dalam bentuk file/softcopy dengan ekstensi .doc atau .docx.

Pada saat ini, Microsoft Word menjadi salah satu aplikasi pengolah kata terbaik dan terpopuler di dunia. Hal ini terjadi karena aplikasi ini memiliki fitur yang sangat banyak untuk membantu semua kebutuhan penggunanya. Selain dapat memasukkan huruf dan angka, aplikasi ini juga mendukung dalam penggunaan gambar, tabel, word art, penomoran, hingga format keluaran file yang sangat beragam, mulai dari txt hingga pdf.

Saat ini, Program aplikasi Microsoft Word sudah bisa dijalankan di berbagai jenis sistem operasi mulai dari sistem operasi untuk komputer seperti Windows dan Mac Os, hingga sistem operasi untuk Smartphone seperti Android dan juga iOS.

Tak hanya itu, pihak dari perusahaan Microsoft juga terus melakukan pengembangan aplikasi untuk mencapai titik terbaiknya guna membantu pekerjaan penggunanya. Hal ini terbukti dari Microsoft Word yang telah menghadirkan versi terbarunya, yakni Microsoft Word 2021. Konsistensi inilah yang membuat aplikasi ini terus berkembang dan menjadi pilihan banyak orang meski banyak bermunculan aplikasi serupa.

Fungsi Microsoft Word

Secara umum aplikasi Microsoft Word memiliki fungsi sebagai program pengolah kata (word processing). Adapun fungsi utama dari Microsoft Word ini adalah sebagai berikut :

1. Membuat Dokumen Baru

Kita dapat membuat sebuah dokumen baru dengan cepat dalam bentuk apapun, seperti teks, tabel, grafik, dan gambar. Tak hanya itu, Microsoft Word juga dapat digunakan untuk membuat berbagai dokumen, seperti surat, jurnal, laporan, makalah, buku, dan lainnya dengan berbagai ukuran kertas yang dapat kita sesuaikan dengan kebutuhan.

2. Menyunting Dokumen yang Sebelumnya

Jika terjadi suatu kesalahan pengetikan atau penulisan pada dokumen yang telah dibuat sebelumnya, maka kita dapat menyunting atau mengubah isi dokumen tersebut di Microsoft Word. Program aplikasi ini juga memungkinkan kita untuk menyunting suatu dokumen dari aplikasi pengolahan kata lain dengan format dokumen yang sama.

3. Membuat Format Baru untuk Dokumen

Pengguna Microsoft Word dapat membuat atau mengubah format dokumen menjadi lebih profesional karena tersedia berbagai fitur dalam hal pemformatan dokumen mulai dari jenis huruf, ukuran huruf, catatan kaki, warna huruf, penomoran, rumus, equation matematika, ukuran kertas yang beragam dan lain sebagainya. Selain itu kita juga dapat mengubah bentuk dokumen dari word ke txt, pdf ataupun yang lainnya.


Posting Komentar

© Belajar TIK. All rights reserved. Premium By Raushan Design